29 May 2011

Sirup "TJAMPOLAY"

Sirup Tjampolay ?
Mungkin kedengarannya sangat asing di telinga masyarakat luar Cirebon, tapi bagi masyarakat Cirebon sirup ini merupakan minuman yang tidak diragukan lagi kelezatannya. Biasanya sirup ini disajikan dengan ditambah es batu biar lebih nikmat dan menjadi bahan tambahan untuk es campur.

Minuman ini juga merupakan salah satu oleh-oleh dari Kota Cirebon. Ada macam-macam rasanya, ada rasa pisang, susu, melon, leci, jeruk nipis, kopi moka, dan mangga gedong. Tjampolay dipercaya menggunakan gula murni. Karena itu, jika sudah dibuka kemasannya, sirup akan cepat mengkristal.
"Rasanja sedap, baoenja wangi." Itulah yang tertera dalam kemasan sirup Tjap Buah Tjampolay. Tjampolay sangat melegenda sekali di Cirebon. Minuman legendaris asal Cirebon ini pertama kali dibuat oleh Tan Tjek Tjiu pada 11 Juli 1936. Hingga kini kemasan dan labelnya tak berubah.

Ketika Tjiu meninggal pada 1964, perusahaan ini sempat berhenti beroperasi enam tahun. Baru pada 1970 usaha ini hidup kembali di tangan Setiawan, anak Tjiu. Namun tak lama kemudian mati lagi. Baru pada 1983 Tjampolay bangkit lagi. Kali ini pabriknya dipindahkan ke daerah Lawang Gada, Cirebon, Jawa Barat.

Jika kalian singgah di Kota Cirebon, jangan sampai tidak membeli minuman ini. Sekali mencoba pasti akan ketagihan ..

No comments:

Post a Comment