27 May 2011

Mengenal Cirebon

Cirebon dikenal dengan nama Kota Udang dan Kota Wali. Sebagai daerah pertemuan budaya Jawa dan Sunda sejak beberapa abad silam, masyarakat Cirebon biasa menggunakan dua bahasa, bahasa sunda dan jawa.
Nama Cirebon berasal dari kata Caruban, dalam bahasa jawa yang berarti campuran (karena budaya Cirebon merupakan campuran dari budaya sunda, jawa, tionghoa dan unsur-unsur budaya arab) atau bisa juga berasal dari kata Ci yang artinya air atau sungai dan Rebon yang artinya udang dalam bahasa sunda (karena udang merupakan salah satu hasil perikanan Kota Cirebon).
Cirebon merupakan daerah yang sangat strategis karena letaknya yang menjadi perbatasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Cirebon juga dilalui jalur oleh pantai utara sehingga banyak menghasilkan hasil laut, sehingga dikenal dengan sebutan kota udang seperti yang saya telah kemukakan sebelumnya.

Kalo dilihat dari segi wisatanya Cirebon ga kalah saingan loh, banyak tempat wisata yang menarik yang ada di Cirebon yang nanti akan saya bahas satu persatu secara detail.
Soal makanan khas dari kota ini ? hemm .. jangan ditanya deh, kota ini banyak banget makanan khasnya dan nanti juga saya akan bahas secara rinci begitu juga dengan oleh-oleh khas Cirebon :) 
So, tetep setia dengan postingan blog ini ya ...
Terima kasih :))

No comments:

Post a Comment